Tyka Manis

Maroko, banyak orang-orang yang membanggakan Negara ini. Yah seperti kita tau ia adalah salah satu Negara islam yang seluruh penduduknya mayoritas islam dan hanya beberapa gologan kecil yang tidak. Banyak orang mendengar pula tentang keindahan-keindahan maroko baik itu dari segi penduduknya yang ramah  di tambah lagi Negara afrika yang tidak kekeringan dan masih tetap subur walaupun berada pada belahan dunia paling ujung, tempat wisata yang mempunyai banyak aset berharga dan tempat-tempat indah yang layak ntuk di kunjungi.
Imaginasi adalah langkah awal untu mengenal maroko. Tak sedikit juga orang-orang yang berkunjung ke maroko dan tak sedikit pula mengalami kekecewaan. Dari segi komunikasinya ataupun sosialisasinya atau hal-hal lain yang tertutupi dari khalayak ramai.
Dari segi komunikasinya, di setiap Negara mereka mempunyai  cara untuk berhubungan dengan orang asing. Nah di Negara maroko itu serba sulit ketika kita  terjun langsung sendiri mengetahui maroko. Bayangkan saja, tidak semua orang maroko bisa berbahasa arab dengan baik mereka lebih sering menggunakan bahasa daerah( Darijah) mereka yang itupun sangat bertolak belakang dengan bahasa persatuan yaitu arab. Nah tentu orang akan bertanya-tanya? Mengapa tak menggunakan bahasa inggris saja? Nah justru itu jadi permasalahan, mereka tidak menggunakan bahasa inggris mereka lebih tau bahasa perancis karena itu bahasa kedua mereka.  Kesulitan berhubungan itu menjadikan kita discommucation dengan mereka. Hanya sepenggal-sepenggal kata yang di pahami. Apalagi dengan waktu yang tak lama tidak bisa memahami langsung tanpa danya kesulitan. Mungkin hanya anggukan dan gelengan di tambah kata “ Oui” “ Naam” atau “ No” “ La”.

Dari segi sosalisnya, kita sering mendengar bukan, orang arab itu mempunyai tabiat yang keras kepala. Mereka lebih cenderuung tidak mau mengalah dan itu tidak mengecualikan terjadi di Maroko. Banyak kejadian yang tak layak di lihat menjadi tontonan massa seperti perkelahian yang berujung dengan kekerasan padahal mereka hanya mempermasalahkan hal-hal yang sepele seperti tidak mendapatkan tempat duduk, tersenggol badannya dan lain-lain. sifat yang keras dan selalu igin menang menjadikan kita selalu tertindas dan terganggu dengan sikap mereka yang telalu over.
Semua orang punya sisi kemanusiaan yang menolong ketika orang terkena musibah. Lha salah satu hal yang membuat tercenggang melihatnya. Jadi ada sebuah cerita, Suatu hari ada seorang nenek yang mau menyebrang jalan dan tiba-tiba neneknya tertabrak mobil yang menyebabkan si nenek dalam keadaan sekarat. Kita yang waktu itu melihat dan segera menolong nenek tapi orang-orang maroko berteriak “ Jangan nak biarkan saja itu urusan polisi”. Semakin aneh dan aneh. Tidakka mereka melihat dan menaruh belas kasihan pada nenek yang tergeletak di tengah jalan dengan darah dan banyak mata-mata yang melihat saja. Tidak tahu apa yang di pikirkan oleh mereka. Apakah mereka takut berhubungan dengan polisi? Atau karena itu bukan urusan mereka jad acuh pada orang lain? Sungguh betapa malangnya Si nenek itu. :’(
Nah sekarang berpindah maroko menurut Mahasiswa Indonesia di maroko. Yah meskipun mereka tinggal di maroko tapi belum tentu kan mereka seratus persen menerima pembelajaran universitas yang ada di maroko.
1.       Demo yang berkepanjangan di maroko. Setiap universitas mempunyai aktivis-aktivis kuliah. Tapi sayangnya aktivis malah menyebabkan kerugian kiranya. Demo yang ada di kampus-kampus setiah hari menyebabkan kegiatan belajar-mengajar jadi terusik. Gaya mereka yang teriak-teriak dan menyanyikan lagu demo itu membisingkan telinga. Belajar jadi tak konsen. Apalagi kita yang menjadi mahasiswa asing hanya diam saja. Mereka mengobrak abrik kelas dan itupun di biarkan oleh dosen yang sedang mengajar. Dosen seakan-akan tak punya wewenang untuk menghentikanya sedikitpun.
2.       Tidak menentu ujianya. Bayangkan saja, jadi mahasiswa maroko sungguh super sabar. Apalagi bagi mahasiswa yang kuliah di kenitra dan fes. mereka sudah suusah payah menghafalkan muqorror (bahan ujian) tapi orang-orang maroko menginginkan di tunda ujianya. Yah kalau di tundanya Cuma seminggu sich tidak apa-apa. Tidak tanggung-tanggung di undur ujian sampe sebulan. Yang aslinya udah hafal malah jadi hilang keluar dari kepala. Hohohohoh
3.       Kantor yang super lambat dan tidak canggih. Bagaimana tidak beratus-ratus mahasiswa harus rela mengantri di depan kantor kepengurusan mahasiswa guna mendaftar ulang dan di tambah lagi yang melayani pun tidak cepat tanggap leletnya minta ampun, udah tau lelet malah masih di tinggal kesini dan kesitu. Uhf, semakin tidak sabar menunngu. Mending pulang tiduran daripda menunggu lama yang tidak jelas. Di tambah lagi mereka yang katrok dan masih ketinggalan jaman menggunakan elektronik, tidak praktis sama sekali. Tinggal ngetik 3 huruf saja bisa nunggu 15 menit. Hmmm,  , ,
4.       Sistem pengajaran yang monoton.  Mahasiswa harus di tuntut memahami dosen dan mendengarkannya dengan jumlah 500 orang berada di situ. Bagaimana bisa konsentrasi? Suaranya aja sudah tidak jelas apalgi memahaminya. Di tambah lagi cuap-cuapnya orang maroko g bisa diam di Aula. Monoton pengajaranya, hanya mendengarkan saja, bosenya minta ampun. Kita yang mahasiswa asing jadi kebinggungan belajarnya sedangkan kita harus di tuntut lulus ujian. Huffttt. . .
Setelah masalah kampus ternyata masih ada banyak hal yang perlu di sebutkan lagi. Di jalan- jalan kota, tidak usah heran kalau seandainya kita melihat orang yang berantem.  sudah hal yang biasa. Mereka berkelahi sambil lari-lari menganggu trasportasi dan lingkungan. Apalagi kalau kalian berada di kenitra, Maroko terkenal sebagai kota narapidana. Banyak orang-orang yang nakal dan penjahat gitu. Bagi cewek-cewek jangan coba-coba dech keluar malem apalagi tidak ada temenya. Siap-siap was-was, , hehehhe
Masih banyak hal lagi yang perlu di bahas di sini. Sayangnya tangan sudah capek merincikanya. Heheheh. . . Lanjut lagi di berikutnya deh. . 
Label: | edit post
61 Responses
  1. Fatma_rg Says:

    Assalamu'alaikum..
    Salam kenal mba, saya Fatma.
    Bila berkenan, saya ingin sekali bertanya-tanya dengan mba tentang Maroko, saya sangat tertarik dan ingin tahu labih dalam.
    Tapi sepertinya blog ini sudah lama belum update lagi.. semoga mba tyka membaca pesan saya ini dan berkenan untuk menjalin ukhuwah..
    Jazakillah khair sebelumnya.. wassalam.
    :-)


  2. Fatma_rg Says:

    Oya, ini alamat email saya fatmah.ramadhani@yahoo.co.id

    fatmasholihah.blogspot.com


  3. Unknown Says:

    Oh jadi spt itu di maroko...
    Makannya gak heran temen saya ngotot bilang " indonesia adalah negara yang hebat", intinya dia muji2 indonesia gt laaah...

    Dlm hati saia berbisik, orang ini mabuk
    atau.lagi kesurupan yaa?? Dimataku maroko itu yg hebat, negara arab yg gk punya minyak kok bisa2nya menggratiskn pendidikn mulai SD-S3??
    Tp yaa itulah "rumput tetangga memang lebih menarik"...
    Dan satu kalimat yg slalu saia ingat dari dia "ada orang baik dan orang jahat", jadi meskipun dia berasal dari negara Islam, tidak semuanya orang baik... (dia mengingatkan saia untuk menjaga diri terutama terhadap kawanan pemuda maroko)




  4. Unknown Says:

    Saya di Abu Dhabi bekerja juga dengan orang Moroko, namun dari kebanyak mereka atau hampir semua keras kepala dan egois. Banyak dari mereka tak ramah, tak bisa antri dan ingin semaunya bekerja, saya pikir tabiatnya tak bisa ditolerin.


  5. Unknown Says:

    Saya di Abu Dhabi bekerja juga dengan orang Moroko, namun dari kebanyak mereka atau hampir semua keras kepala dan egois. Banyak dari mereka tak ramah, tak bisa antri dan ingin semaunya bekerja, saya pikir tabiatnya tak bisa ditolerin.


  6. Aida Dwi Says:

    Di Maroko memang seperti itu memuakan dan membosankan dijamin boring dech hidup di Maroko.


  7. Aida Dwi Says:

    Apalagi orang2 Maroko nya menyebalkan semua, Hati2 kalau ke Maroko banyak penjahatnya.


  8. Unknown Says:

    Oiya kah??, seperti itu kah maroko, sy lagi dekat dengan orang maroko, tapi dia selalu membanggakan negaranya, saya pikir negaranya memang sangat menakjubkan begitu pun dengan pemerintahnnya


  9. Anas Says:

    orang maroko nya asli mana mba dewi achmad../

    untuk mba vika..udah berapa lama di maroko?


  10. Tyka Manis Says:

    untuk anas dien.. ini sudah tahun ke enam saya di maroko...
    mba dewi achmad memang di suatu negara ada sisi baik dan buruknya... kita tidak bisa menafikan itu semua... walupun di maroko dan tulisan saya ini mengatakan sisi buruk maroko tapi menurut saya ada sisi psitifnya,,, insya allah untuk menanggapi komertar tentang ini saya akan memposting sisi baik dari maroko... biar tidak terjad kesalahpahaman bagi semua pembaca...
    untuk mba aida dewi dan pebry perdana makasih sudah memberi komertar.. nanti untuk ke depanya saya akan menulis tentang negara maroko secara detail... kalo untuk betah dan tidak betah itu tergantung kebutuhan seseorang... kalo untuk jajanan pekerjaan maroko buka negara yang cocok.. tapi untuk orang yang menyukai peradaban mungkin cocok...


  11. Tyka Manis Says:

    mba ayu dewe... iyah mbak kalo dari orang2nya. ada orang baik dan orang buruk... tapi kalo dari sisi biaya pendidikan saya akku memang gratis.. tapi ada juga kekurangannya karena pendidikan gratis itu.. banyak masyarakat yang lali atas pendidikannya dan tidak berusaha sebaik mungkin untuk mencari ilmu karena mereka piki "toh gratis"... tapi banyak juga yang merasa terbantu dengan gratisnya pendidikan ... jadi semua tergantung denga pribadi masing2 atau cara menanngapi itu semua


  12. Unknown Says:

    Assalamualaikum ukthy tyka,

    Saya juga sedang dekat dengan laki2 maroko..dia tinggal di oudja.
    Boleh saya minta email ukthy tyka, krna saya mau tnya2 ttg birokrasi maroko and erc nya.

    Jazakillah khairan :) wassalam.


  13. White rose Says:

    Assallammualaikum ukhty.. terima kasih informasinya ya ukh.. kebetulan saya sedang dekat dengan pria maroko. Kami berhubungan Jarak Jauh.. dia serius dengan saya dan ingin menikah. Saya ingin banyak tanya tentang karakter orang maroko terutama kehidupan pernikahan disana dan bagaimana adatnya.
    boleh minta alamat emailnya ukh:)
    terima kasih sebelumnya ukh

    best regards,


  14. Tyka Manis Says:

    Ini alamat email saya... kalo berkenan hubungi saya..
    vie_ka_1993@yahoo.com


  15. Tyka Manis Says:

    vie_ka_1993@yahoo.com


  16. Unknown Says:

    Assalamualaikum.mba white rose saya juga sama sedang dekat dgn org maroko dan mengajal menikah. Apakah bisa kita mwngobrol
    Kalau bisa . Bksa minta alamat emailnya.terimakasih

    Mba tyka.saya juga ingin email mba yah jika berkenan.teeimakasih


  17. Tyka Manis Says:

    ini alamat email saya
    vie_ka_1993@yahoo.com


  18. Titik Setya Says:

    Saya juga memiliki teman asal maroko. Dan yah, semnjak prtama kenal, dia bilang di Maroko banyak orang jahatnya. Dan pas saya muji maroko itu keren, dia ga akan pernah terima. Dia selalu bilang "ga kok".


  19. Unknown Says:

    Saya juga punya kenalan orang Maroko dan dia ingin menikahi saya , bisakah sy minta informadi lebih banyak dalam hal pria Macoko


  20. Unknown Says:

    Saya juga punya kenalan orang Maroko dan dia ingin menikahi saya , bisakah sy minta informadi lebih banyak dalam hal pria Macoko


  21. Unknown Says:

    Sya kenal dg orng moroko lewat sosmed..ya ampun so bad but am still loving him..konyol..mereka suka sm orang2 asing dan pakai asas manfAat mereka haus dan lapar uang.. aq kenal dya se tahun
    .tabiat mereka g perduli org asing it modelnya gimna yg merka butuh adalah kehidupan.. next future..need Visa..paper.work n money..setelh it mereka akan meninggalkan pasangn mereka mau it wanita atw pria..mereka sama sjaa..walpn px pengalman kenl dgnnya tp ttp msih pux rsa pngen liat asliny dya.. mereka g make perasaan ..yg mereka fikir gmna hidup enak n fokus mencari org asing buat next future..stlh merka nebenk hidup n menguras smua aset.. bowww..mereka menghilang.kebanyakan aq bca dr vlog.sm youtube so bad life.. tp negara yg unik.. wlpn bgt msih pux mimpi mau kmoroco.. πŸ˜­πŸ˜”πŸ˜ŒπŸ€£πŸ˜ŠπŸ˜ŽπŸ™„


  22. Unknown Says:

    Ya memang bener mereka banyak yg jahatx..wajah memang asli tampan dan cNtik tp hTi2 penipu dan mereka maen perasaaan sm lapar n haus dg uang...jd hRus hati hati


  23. Unknown Says:

    ada gak beda nya pria maroko main perasaan sama lapar dan haus dg uang dengan pria maroko yang bener2 cinta. soalnya aku lagi deket sama pria maroko, dia katanya mau nikah sama aku juga


  24. ati12130 Says:

    Sy jg lg dekat dgn orng merokok, dia jg ngajak nikah, dan pengennya tinggal di indonesia, dgn alasan negaranya tidak punya masa depan. Jd takut nih, jangan2 dia berniat kurang baik terhadap sy nantinya, mohon pencerahannya


  25. Aku juga punya temen orang maroko, but he is a good people. Really. Dia sering mengajarkan aku hal hal yang baik, komunikasi juga lancar dan dia juga sering nyeritain soal hidup di maroko itu seperti apa. But, untuk sekarang aku gaada pikiran buat ngunjungin maroko, takut. Cerita-cerita dia yg bikin aku takut :)


  26. Wow.....jangan jangan dia jg seperti ini,saya sekarang lagi dekat dengan seseorang dari quarzazate,dia ngebet banget pengen ke Indonesia,minta dicarikan kerja di sini padahal dia juga punya kerja di negaranya. Ini yg kedua saya kenal dengan pria Maroko yg dulu dari chefchouan cuma dia ahlinya main perasaan perempuan karena dia tampan. Tapi saya ga kan kapok ke Maroko.... hehehehe


  27. Irma Andini Says:

    duhh, jadi serem ya mbak, padahal.lagi deket sama cowok maroko ni


  28. Unknown Says:

    Mau tanya, jika orang maroko ingin berkunjung ke indonesia apakah perlu invitation letter? Atau hanya cukup passport saja? Share ya teman2.


  29. Unknown Says:

    Apa bener orange Maroko Itu penipu kok sy jd tkt cs sy lg dkt sm org Maroko


  30. Aku kenal sama 2 org maroko lagi2 aku selalu dikecewakan knp ya? :(


  31. Hallo? Boleh kita cerita tentang ini? Sepertinya kamu sama aku memiliki pengalaman yg sama. Kayaknya kita perlu ngbrol ttg cowok maroko ini email saya nengtintinkns@yahoo.com


  32. Hallo Assalamualaikum kak. Saya sampai di blog ini karena hari kemarin aku dikecewakan dengan pria maroko😒😒😒 aku kenal dia di sosmed, dia manis bgt bicaranya mau nikahin aku laah, bilang ini itu pokonya yg bikin baper :( daaan tbtb dia mintaa maaf mengakui kebohongannya krn dia udh punya pacar disana. Kaaan sakit yaa :")) mbaaak gmn kelanjutan cerita mbak mengenai beliau? Boleh berbagi? Ini email saya nengtintinkns@yahoo.com


  33. Mbaak bagaimana kelanjutan cerita mbak dgn org maroko? Kalau berkenan mari kita ceritaa aku jg punya pengalaman yg sama diajak nikah dan akhirnya dikecewakan :( nengtintinkns@yahoo.com ini email saya


  34. Kenapa ya pria moroko rata2 gampang buat bilamg nikah :(


  35. Kiki Says:

    Aku kenal di sosmed cowok Maroko...mesum banget


  36. Unknown Says:

    Mbak aku juga pacaran sama cowok Maroko.shering yuk mbak



  37. sweetandmild Says:

    Saya memiliki hubungan dengan pria maroko. Kita sempat bahas kejenjeng selanjutnya. Alhamdulillah dia sayang banget dan tdk pernah berkata kasarumah, yg saya suka karena dia sayang keluarga. Ada perasaan ragu kalau saya harus tinggal disana, mungkin karena hidup di indonesia lebih nyaman. Sy bisa menyimpulkan seperti ini karena lihat dari YouTube dan dari artikel mengenai maroko.
    Menurut mba,apakah orang indonesia akan betah tinggal disana?


  38. Qwnaa_ Says:

    Rata-rata yang komen pernah atau lagi deket sama laki-laki maroko dan pengen saling sharing. Gimana kalau bikin grup? Hehe sekedar saran.

    Mbak tika sebagai pemilik blognya saya ucapkan terimakasih. Informasinya sangat membantu. Saya sangat menunggu tulisan mbak tentang siai positif maroko.
    Terima kasih mbak


  39. Lia Astuti Says:

    Saya juga lagi deket dengan pria maroko


  40. Unknown Says:

    Ayo kita buat gruo untuk pria Maroko, aku juga lagi dekat dengan pria maroko


  41. Unknown Says:

    Ayoo kita buat gc nya, aku jga lgi deket sama pria Maroko,, pengen sharing2 lebih bnyak aja sama teman2 semua


  42. Unknown Says:

    Ga tahaaan egoiss seenaknya ga menghargai waktu dan menghargai orang lain..untung sy ga jadi dekat


  43. Rahma Irawan Says:

    hai semuanya. saya juga sedang menjalin hubungan dengan pria maroko dan memiliki beberapa teman maroko juga dengan beragam cerita masing2. jika ingin buat grup nya, aku ingin join juga karena aku juga ingin sharing n mengumpulkan informasi juga. terimakasih juga atas tulisan blog nya mbak


  44. Rahma Irawan Says:

    jika ada yang mau sharing juga atau ingin buat grup, please hubungi saya di email saya rahmairawan1002@gmail.com atau DM IG @rahma.irawan.127


  45. Unknown Says:

    Saya juga.pernah deket sama orang Maroko udah 3tahun,yah kalo ga sabar² yah wasallam karena egonya mereka tinggi pengen menang sendiri,tapi kalo kita lebih sabar dia bakalan luluh ko percaya deh, Semua hanya butuh waktu.
    Tapi temen cwe Maroko saya pernah bilang, bahwa laki-laki Maroko kalo serius dengan wanita dia akan cepat² menikahi nya dalam waktu perkenalan 6bulan kalo lebih dari itu yah mereka cuma main²πŸ˜ katanya si gituuu,,itu cwe Maroko yang bilang.
    Tapi Asli cwo sana memang kasar, egois,otak mesum, tapi kalo kita pahami lebih dalam dan bisa mengerti mereka ga kayak gitu,asal kita selalu bersikap dewasa dan selalu ngalah aja.


  46. Abelita Says:

    Hiii, kok sama sih. Saya juga punya kenalan org Maroko. Dia pengen pindah ke Indonesia, apply kerja disini dan nikah disini utk living better. Bener gak sih itu? Saya jg ingin pencerahannya.


  47. Unknown Says:

    Sayapun sama baru ditinggal,kita pacaran sudah 3 bln ,kita selalu bertemu sebelum dia plg kenegara asal,sy pingin sharing sapa tau bisa jadi pembelajaran buat saya ,thanks


  48. Unknown Says:

    Otak mesum....ngakak Aku loh.
    Temenku pria maroko ,dia emang ngomong ya agak kasar dan egois, tp ngga mesum.tp memang benar hrs super sabar hadapi pria maroko kr doi bnr2 keras orgnya, gampang marah walaupun soal sepele


  49. Septi Says:

    Aku juga lagi Deket dengan pria Maroko aapakah boleh sharing bagaimana kehidupan dan watak asli orang Maroko


  50. Putrisabina Says:

    Aku justru enggak, aku juga kenal cowok Maroko dia gak mesum justru paling ngerti perasaan aku. Tergantung orang nya juga mbak jangan di pukul sama rata.


  51. Unknown Says:

    Waahh.. terima kasih teman² menambah pengetahuan saya


  52. ada pria Maroko ganteng sih, tiap hari VC. Orangnya baik, halus dan sopan. Pernah VC, sy gak pake hijab, dia lgsg tutup VC, dan menyarankan saya pake hijab dlu.Dan klo VC, dia lebih sering tdk menatap wajah. Klo dia pas libur, bisa seharian VC, dan dia menunjukkan seluruh bagian rumah dia pada saya.
    Dia serius ingin menikah dg saya, tetapi saya masih mikir2 dlu dan cari info sebanyak2nya ttg Maroko.
    Setelah baca komen disini, jd makin enggak banget deh...hehehe.
    Mungkin ada masukan dari mbak-mbak yg py pengalaman disini. Salam ...


  53. Unknown Says:

    Lagi deket dengan cowok maroko daerah Casablanca, ganteng sih, orgnya terbuka terutama masalah yang, bagaimana dia menghabiskan perbulanya, bagaimana dia bekerja, sejauh ini belum Ada vc Dan belum kelihatan egonya apa lagi kasarnya. Harus gimana yaaaa


  54. Unknown Says:

    Saya pernah messageran am cow maroko selama 3 blnan.karena dia 18 tahun lebih muda dari saya.maka saya tdk terlalu peduli.hanya saja saya merasa dia teman yang baik dan tulus .kami memiliki banyak sekali persamaan.tp saya tidak pernah berfikir untuk menjadikan dia jodoh saya.terakhir dia ngambek karena saya menelponnya.dan tidak pernah messager saya lagi.bagi saya dia tidak penting.karena dia sama sekali bukan tipe saya.hanya saja sekarang sudah berjalan 6 bulan sejak terakhir kami komunikasi.tapi saya tidak bisa melupakannya dan mengeluarkan dia dari kepala saya.ini benar2 menjengkelkan dan memuakkan.apa mereka pandai menggunakan guna2.


  55. Daniaaaa Says:

    Mau dg kak ikutan kalau mau buat group ... Tolong di info ya kak ini email saya permatasari8836@gmail.com. terimakasih kak πŸ™


  56. Qaina Says:

    Bangetttt pingin gw timpuk kepalanya biar ngerti caranya menghargai orang lain kesel aku


  57. Qaina Says:

    Mba kita ngobrol yuk sepertinya kita senasib πŸ˜ͺ


  58. Qaina Says:

    Mbaa aku juga lagi deket sama cowo Oujda ngeselin banget sumpah


  59. Unknown Says:

    Mba apa udah ada grupnya?


  60. Unknown Says:

    Iyaa lagi, mana ganteng ganteng banget cowo Maroko, aku juga kenal sama brondong maroko mba, kepelet apa ya malah kepikiran terus huhuu 😭


Posting Komentar