Tyka Manis
Seberapa besar pengaruh ilmu. Ilmu yang akan selalu menyelimuti dan menjadi penghias bagi siapa yang memiliki ilmu itu. Ilmu yang bisa meredam keburukan dengan membatasinya dengan keilmuanya. Menghiasi kepribadianya dengan keindahan akhlaq yang di milikinya.
Pengaruh ilmu memang berdampak dan membekas bagi siapa yang memilikinya. Seperti yang telah di unkapkan di kitab Ta’lim Muta’lim
Ta’allam fainnal ilma zainun li ahlihi # wa fadhlun wa ‘unwanun likulli mahamidi
Belajarlah karena ilmu karena ilmu akan menjadi penghias bagi sang pemilik ilmu itu.
Semula orang yang hanya biasa-biasa saja ketika diam tapi luar biasa ketika menyalurkan dan membicarakan ilmu. Tidak ada yang special tapi serasa special karena keindahan budinya di sertai ilmu yang ada padanya. Tidak ada yang menarik ketika di pandang tapi jadi memikat karena cahaya ilmu terpancar di wajahnya.

Memang tak semula menyadarinya bahkan merasakan dampak keilmuan tersebut. Awalnya hanya tau bahwa qoidah itu bermaksud seperti itu tapi mereka pun tidak semua merasakan langsung dampaknya. Tanpa ada permintaan, ilmu kita itu dengan sendirinya menyelubungi kita dengan bait-bait keilmuan. Menjaga jiwa kita dari keburukan. Menyadarkan kita dari kekhilafan diri. Hanya dengan ilmulah kita mendapatkanya.
Ada suatu perkataan dimana ketika kita menginginkan dunia maka ilmulah menjadi pilihan. Barang siapa yang menginginkan akhirat maka dengan ilmu pula. Apalagi ketika kita ingin keduanya maka pastilah ilmu yang jadi pilihan pertama.
Note : Jagalah ilmu itu, jangan kotori ia dengan keburukan akhlaqmu
El FaQir

Tyka

Label: | edit post
0 Responses

Posting Komentar